18 Juli 2013

Cara Mengobati Penyakit Pada Ikan Lele Secara Mudah

Penyakit pada ikan lele dan jenis ikan air tawar lain seperti gurame, nila maupun ikan mas bisa disebabkan oleh bakteri dan cacing. Cara mengobati penyakit ikan harus benar-benar teliti artinya ketahui dulu penyebabnya baru mencari obat. Usaha budidaya ikan air tawar memang tidak lepas dari masalah penyakit yang menyerang. Tidak usah khawatir, semua penyakit pasti ada obatnya.

jenis penyakit pada ikan lele


Budidaya ikan lele baik jenis dumbo atau lokal memang menguntungkan. Dengan modal kecil, anda bisa mendapat untung berlipat. Usaha sampingan ini bisa dijalankan dengan kolam organik (tanah) atau kolam terpal. Banyak jenis penyakit pada ikan lele yang bisa merugikan, olah karena itu harus langsung diobati secepatnya.

Cara mengatasi penyakit pada ikan secara mudah dan cepat harus dicermati dulu tanda-tandanya. Jika anda sudah yakin jenis penyakit yang menyerang lele, barulah memulai proses pengobatan.


Jenis Penyakit Pada Ikan Lele Dan Cara Mengobati Penyakit Ikan

  1. Penyakit jamur pada ikan
    Penyakit yang disebabkan jamur (cendawan) umumnya menyerang ikan air tawar pada kolam organik. Penyakit pada ikan lele ini tidak menyerang lele yang sehat namun hanya menyerang ikan yang sedang sakit atau terluka serta dalam kondisi lemah.

    Ciri-cirinya muncul serabut putih seperti kapas di sekitar bagian tubuh ikan yang terluka. Penyakit jenis ini juga bisa terdapat pada semua jenis ikan air tawar.

    Bahan-bahan :
    • Garam dapur komposisi 1 kg per 25 m2
    • 5 liter air bersih
    • 1 botol cuka
    Campurkan semua bahan di atas kemudian taburkan secara merata pada kolam ikan organik milik anda. Ramuan obat di atas juga bisa digunakan untuk mengatasi penyakit pada ikan air tawar lain.

  2. Penyakit bintik-bintik putih
    Bintik putih (Ichthyophthirius multifiliis) merupakan jenis penyakit yang umum diderita ikan air tawar. Penyebabnya adalah protozoa Ichthyopthirius yang muncul pada kolam yang sudah lama tergenang air.

    Ciri-cirinya yaitu munculnya bintik-bintik putih pada kulit dan insang serta bisa menyebabkan kerusakan parah pada bagian tersebut.

    Untuk menyembuhkan penyakit pada ikan lele berupa bintik putih, perbaiki sistem sanitasi kolam agar tidak menular ke ikan lain. Kemudian taburkan garam dapur ke kolam selama 2 – 3 kali secara berturut-turut.

  3. Penyakit cacar pada ikan
    Tanda-tanda ikan terkena penyakit cacar adalah timbulnya borok pada badan ikan kemudian rusaknya hati, limpa dan daging. Penyakit pada ikan lele ini disebabkan oleh bakteri Aeromonas dan Pseudomonas.

    Untuk mengobati cacar pada ikan air tawar caranya tumbuk daun pepaya mentah dan tambahkan 10 kg garam kemudian taburkan di kolam.

  4. Penyakit cacing pipih
    Penyakit pada ikan lele berikutnya adalah cacing pipih yang menyebabkan menurunnya nafsu makan serta sering muncul ke permukaan air. Parasit ini merusak insang dan kulit sehingga membuat pernapasan ikan terganggu, keluarnya lendir, warna ikan pucat dan sirip menguncup.

    Cara mengatasi penyakit pada ikan yang terserang cacing pipih bisa dilakukan dengan mengganti air dalam jumlah besar kemudian menaburkan garam halus ke kolam. Atau bisa juga merendam ikan yang sakit dengan larutan kalium permanganate (PK) konsentrasi 0,01% selama 30 menit.

  5. Penyakit parasit pada ikan
    Penyakit ini menyerang insang ikan air tawar, ditandai dengan sering berputar-putar serta menggantung pada permukaan air. Cara mengobati penyakit ikan ini dengan merendam ikan di larutan formalin konsentrasi 15 – 20 ppm.

Berbagai penyakit pada ikan lele dan air tawar lainnya di atas bisa saja menyerang ternak ikan anda. Usaha budidaya ikan memang menguntungkan meskipun banyak penyakit yang bisa menyerang ikan.

Bagikan :

7/18/2013