Peluang Usaha Ternak Ikan Mas Masih Menjanjikan

Budidaya ikan air tawar selalu menjanjikan peluang usaha kecil yang menguntungkan termasuk ternak ikan mas. Besarnya permintaan pasar akan konsumsi daging ikan segar bisa anda manfaatkan sebagai bisnis sampingan di rumah. Cara budidaya ikan mas yang tergolong mudah serta pemeliharaan yang hanya membutuhkan modal kecil bisa menjadi pertimbangan bisnis anda.

cara ternak ikan mas

Ikan mas merupakan ikan air tawar yang banyak dibudidayakan sesuai jenisnya. Misalnya di daerah jawa barat, ikan mas majalaya menjadi yang paling populer. Sementara untuk ikan hias, ikan mas koi merupakan yang paling banyak dicari.

Sementara menurut kebutuhan pembeli, ada dua jenis ternak ikan mas yaitu konsumsi dan ikan hias. untuk konsumsi, pemeliharaan cenderung lebih mudah dibandingkan ikan mas koi sebagai peliharaan atau ikan hias.

Bagaimana Cara Melakukan Pemijahan Ikan Mas?

Sebelum dipijahkan ikan mas perlu diberok yaitu dipisahkan antara induk jantan dan betina selama 3 hari.
  • Persiapan induk
    Kolam untuk pemijahan dikeringkan selama 5 – 7 hari agar bakteri dan parasit dapat mati. Setelah kolam menjadi kering, air dialirkan ke kolam hingga setinggi 65 cm.
  • Proses pemijahan
    Buatlah tempat bertelur ikan mas yang dibuat dari ijuk atau sabut kelapa yang tengahnya dijepit dengan dua bilah bambu, tempat telur ini disebut kakaban. Letakkan kakaban yang sudah dibuat 10 cm di bawah permukaan air.
    Kemudian masukkan induk jantan dan betina ke dalam kolam dan jangan lupa diberi makan secukupnya. Setelah terjadi perkawinan ikan mas, telur akan menempel pada kakaban (hampir sama seperti ikan gurame).
  • Pemindahan telur ikan
    Pindahkan kakaban yang sudah berisi telur ke kolam penetasan yaitu kolam segi empat dengan kondisi air cukup jernih dan dasar kolam dapat terkena sinar matahari. Setelah telur ikan mas menetas, kakaban dapat diambil dan benih ikan dipindah ke kolam pemeliharaan.

Pemeliharaan Ikan Mas Sebagai Usaha Ternak Sampingan

  1. Membuat kolam pemeliharaan
    Buat kolam berbentuk segi empat dan seluruh dinding serta dasar kolam sebaiknya disemen. Pastikan air mengalir sepanjang waktu dengan jumlah yang cukup. Pada bagian pintu masuk dan pembuangan air dilengkapi dengan saringan kemudian dasar kolam dibuat miring ke arah pintu pembuangan.

  2. Pengairan kolam yang baik
    Air yang jernih dan segar dapat merangsang nafsu makan ikan mas. Kejernihan air dapat dilihat dari dalamnya sinar matahari yang masuk ke lapisan air. Semakin dalam lapisan air yang dapat ditembus maka semakin baik kualitas air tersebut.

  3. Penebaran benih ikan mas
    Benih ikan mas ditebarkan ke kolam pada pagi atau sore hari dimana suhu air masih rendah. Padat penebaran sekitar 1 – 2 kg tiap meter kubik air kolam.

  4. Pemberian makan ikan mas
    Makanan ikan mas sebaiknya diberikan dalam bentuk pelet yang bergizi dan berguna untuk mempercepat proses pertumbuhan ikan. Pakan ikan diberikan 3 kali sehari dengan jumlah yang sama dan pemberian makan sebaiknya di dekat pintu masuk air. Jangan sampai ikan terlalu kenyang, anda bisa melihat jika 25% ikan yang mengerumuni makanan telah meniggalkan tempat makan, maka hentikan menebarkan makanan.

  5. Masa panen ikan mas
    Dalam waktu pemeliharaan selama 6 bulan, ikan mas sudah siap panen dengan cara penangkapan atau pengeringan kolam.

Usaha ternak ikan mas bisa menjadi bisnis sampingan anda untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Budidaya ikan air tawar memang masih menjanjikan baik sebagai konsumsi maupun ikan hias karena masih banyak peminatnya.