Selasa, 16 Juli 2013

Cara Membuat Pakan Ikan Lele Sendiri

Cara membuat pakan ikan sendiri atau yang dikenal dengan pelet sebenarnya mudah saja. Pakan ikan yang dibuat sendiri bisa digunakan untuk ikan lele, gurami, nila, mujahir maupun ikan air tawar lainnya. Membuat pelet ikan apung harus tahu benar proses dan bahan-bahan yang dibutuhkan serta resep pakan yang bergizi agar usaha budidaya ikan cepat berkembang.

cara mudah membuat pakan ikan sendiri

Masalah utama pembuatan makanan ikan adalah pakan tidak mengapung atau mengambang. Cara membuat pakan ikan sendiri berikut ini akan menghasilkan pelet apung sehingga tidak mudah tenggelam ke air.

Pakan ikan yang akan dibuat tidak dikhususkan untuk ikan lele saja tetapi bisa juga untuk ikan jenis air tawar lain. Cara membuat pelet sendiri memang menjanjikan keutungan lebih dari segi harga murah dan tahan lama.


Bagaimana Cara Membuat Pakan Ikan Sendiri?

Bahan-bahan yang dibutuhkan :
  • 30 gram tepung ikan
  • 2 gram tepung benawa
  • 10 gram bungkil kacang kedelai
  • 22 gram terigu
  • 26 gram dedak halus
  • 8 gram tepung jagung
  • 0,5 gram mineral
  • 1,5 gram vitamin

Cara membuat pelet ikan :
  1. Campur semua bahan-bahan pakan ikan di atas dalam keadaan kering didalam sebuah wadah kemudian aduk-aduk sampai tercampur rata. Setelah benar-benar tercampur, tambahkan air panas sebanyak 35 – 40% dari jumlah total campuran pakan ikan.

    Pemberian air dilakukan secara perlahan sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga menjadi bentuk adonan seperti pasta.

  2. Setelah adonan jadi, masukkan ke dalam mesin pencetak pelet. Anda bisa memakai gilingan daging atau alat pembuat kerupuk. Atur ukuran garis tengah (diametri) pelet sebesar 4 – 5 mm.

  3. Pakan ikan yang sudah dibuat dipotong-potong sepanjang 2 cm kemudian keringkan. Pengeringan pelet ikan bisa dilakukan di bawah terik matahari atau memakai mesin pengering.

  4. Setelah pelet yang anda buat benar-benar kering, simpan di tempat kering dan tertutup.

Cara membuat pakan ikan sendiri untuk ikan lele maupun jenis ikan air tawar lain memang lebih murah dibandingkan membeli pelet ikan yang sudah jadi. Usaha ternak ikan memang menguntungkan dan mudah dijalankan meskipun, kendala makanan ikan masih menjadi masalah utama.

Please Share :

Mata Usaha, Updated at: 7/16/2013