Minggu, 23 Juni 2013

Artikel oleh pada

Bagaimana Cara Membuat Mesin Penetas Telur Sederhana?

Mesin penetas telur unggas dapat anda buat secara sederhana menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Membuat sendiri mesin penetas telur ayam, burung puyuh atau pun bebek akan sangat membantu dalam meningkatkan jumlah produksi ternak dan mempercepat proses penetasan telur menjadi anak. Bagi anda yang memiliki usaha sampingan ternak, tentu mesin ini sangat berguna dan bermanfaat.

membuat mesin penetas sederhana

Anda juga bisa membeli mesin penetas yang sudah jadi baik otomatis atau pun manual dengan harga yang bervariasi tergantung bahan, ukuran serta kelengkapan lain.

Namun, untuk anda yang belum memiliki modal usaha lebih jangan berkecil hati. Ada cara membuat mesin penetas telur sederhana yang mudah dan tidak banyak mengeluarkan biaya.

Cara kerja mesin sederhana ini adalah menciptakan kondisi keadaan hangat seperti saat telur dierami induknya. Oleh karena itu, anda membutuhkan sumber panas seperti lampu pijar atau lampu minyak.

Bahan-bahan yang dibutuhkan
  • Kayu dan triplek sebagai kerangka mesin
  • Kawat ram sebagai rak tempat telur
  • Empat buah lampu pijar 25 watt (2) dan 15 watt (2)
  • baik air untuk melembabkan udara

mesin penetas

Skema gambar mesin tetas telur ayam


Cara Mudah Membuat Mesin Penetas Telur Sederhana

  1. Buat kerangka mesin penetas berbentuk peti yang berukuran 60 cm x 60 cm x 35 cm. Kerangka terbuat dari kayu dan dinding dari triplek. Dinding terdiri dari 2 lapis dengan jarak 3 cm.
  2. Letakkan kawat ram 5 cm di atas dasar peti sebagai rak tempat telur.
  3. Buat 2 lubang ventilasi pada masing-masing dinding dan 5 lubang pada bagian atas dengan diameter 1 cm. Fungsinya untuk pernafasan embrio.
  4. Letakkan lampu pijar yang sudah anda siapkan pada bagian dalam mesin. Misalkan 2 lampu pada sisi atas serta 2 lampu lain pada bagian bawah mesin.
  5. Untuk menjaga kelembaban udara di dalam mesin penetas, letakkan bak air di bawah rak telur. Anda bisa membuat bak dari seng dengan ukuran 30 x 30 x2 cm.

Mesin untuk menetaskan telur ayam, bebek mau pun telur puyuh dapat anda buat sendiri dengan cara mudah dan harga murah. Bagi anda yang memiliki modal usaha kecil, ini merupakan langkah praktis untuk memajukan usaha ternak anda.

Namun untuk anda yang sudah mempunyai modal usaha lebih, anda bisa membeli mesin penetas yang sudah jadi dan siap pakai tentunya dengan kualitas dan jaminan keamanan lebih baik.

Please Share :

Mata Usaha, Updated at: 6/23/2013